Cari

Kamis, 16 Juli 2009

Amankah Jaringan Komputer dan Internet Anda ?

Sejalan dengan laju pertumbuhan penggunaan Internet yang sangat cepat, maka semakin banyak pula aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna, seperti pada aplikasi di dunia perdagangan bebas secara elektronik (electronic commerce). Namun, hal ini bukannya tanpa gangguan kejahatan sehingga aspek pengamanan jaringan komputer (computer network security) menjadi sangat populer dan penting serta merupakan suatu keharusan atau kebutuhan mutlak di masa depan. <> Demikian pula dalam perang Irak-AS, tampak penggunaan Internet yang sangat luas, mulai dari laporan peliputan TV, radio, komunikasi antarprajurit, antarsatuan tempur, hingga cyber warfare di segala bidang. Inilah cyberwar pertama di dunia di mana disinformasi merupakan salah satu peruntuh moril prajurit Irak.
Berdasarkan hasil riset dan survei serta berbagai laporan tentang kejahatan komputer yang terjadi dewasa ini, diketahui bahwa saat ini tidak ada satu pun jaringan komputer yang dapat diasumsikan 100 persen persen aman dari serangan virus komputer, spam, e-mail bomb, atau diterobos langsung oleh para hackers. Seorang hacker berpengalaman dengan mudah melakukan hacking atau memasuki jaringan komputer yang menjadi targetnya. Tidak terhambat kenyataan jaringan tersebut sudah mempunyai sistem pengaman.
Pengamanan jaringan komputer dahulu dan sekarang. Pada periode tahun 70-an, jaringan komputer biasanya hanya terdapat di perusahaan-perusahaan besar. Jaringan komputer tersebut saling menghubungkan setiap departemen dan setiap cabang ke sebuah pusat pengendalian (central control point). Pada masa itu pengertian network security juga sudah ada, namun fokus utamanya hanya untuk kebutuhan para user di dalam network itu sendiri (intranet) guna meminimalkan tingkat risiko pengamanan (security risk). Pengetahuan serta informasi tentang bagaimana membobol sebuah jaringan komputer hanya diketahui oleh segelintir orang berprofesi khusus, seperti network consultant, network administrator, dan sebagainya. Sampai kemudian sebuah teknologi fenomenal bernama Internet muncul di tahun 1974, diprakarsai Bob Taylor, Direktur sebuah Badan Riset Komputer Departemen Pertahanan Amerika (Department of Defence/DoD), dalam sebuah proyek yang dinamakan Advance Research Project Agency (ARPA).
Namun, selain membawa dampak yang sangat positif, Internet juga mempunyai dampak negatif, seperti pengetahuan tentang membobol atau meng- crack satu jaringan komputer sudah menjadi cukup maju. Materinya dapat diambil di Internet lalu dipelajari bahkan langsung dipraktikkan, kebanyakan oleh para remaja dalam rangka "mencoba" ilmu yang telah didapatnya.
Saat ini banyak terdapat site- site tersembunyi (hidden site atau underground site) yang tidak terdaftar pada search engine mana pun yang menawarkan beragam informasi dan utiliti program tentang network security yang dapat di-downloaded secara gratis, kegunaannya untuk merusak atau mengacaukan sebuah sistem jaringan komputer.
Pengamanan lewat cara pengaburan (security through obscurity). Sistem pengamanan dengan cara pengaburan atau membuat ketidakjelasan (obscurity) menggunakan prinsip bahwa suatu jaringan komputer hanya dapat diamankan sepanjang tidak ada pihak dari luar yang diperbolehkan mengetahui segala sesuatu tentang mekanisme internal dari jaringan tersebut.
FIREWALL, adalah sebuah sistem proteksi untuk melaksanakan pengawasan lalu lintas paket data yang menuju atau meninggalkan sebuah jaringan komputer sehingga paket data yang telah diperiksa dapat diterima atau ditolak atau bahkan dimodifikasi terlebih dahulu sebelum memasuki atau meninggalkan jaringan tersebut. Walaupun peralatan untuk melakukan hacking tersedia dalam jumlah yang banyak, tidak semua peralatan tersebut dapat dipergunakan secara efektif, bahkan beberapa peralatan tersebut sudah out of date saat ini sehingga bukan merupakan ancaman lagi. Namun begitu peralatan lainnya masih sangat ampuh sebagai senjata para hacker. Dengan demikian, seorang network consultant juga dibutuhkan pendapat profesionalnya serta bantuannya untuk meningkatkan kemampuan total seluruh sistem jaringan komputer. Tidak kalah penting adalah melaksanakan back up data secara reguler (harian, mingguan, atau bulanan) untuk mengantisipasi bila terjadi kerusakan atau kehilangan seluruh data penting yang disebabkan serangan hacker.
Waspadalah...waspadalah...(kata bang napi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Aku hanyalah seorang operator yang mencoba belajar lebih banyak ilmu Internet...peace!!!